Peta konsep metabolisme

Semua makhluk hidup memerlukan energi untk aktivitasnya. Jaringan lemak berfungsi untuk menumpuk lemak sebagai cadangan makanan dan menjaga suhu tubuh agar tetap hangat. Fermentasi asam laktat dilakukan oleh sel otot dan beberapa sel lainnya, serta beberapa bakteri asam laktat.

Hati Hati mengeluarkan empedu yang berupa cairan kehijauan, rasanya pahit, pHnya netral, dan mengandung kolesterol, garam-garam mineral, garam empedu, dan zat warna empedu yang disebut bilirubin dan biliverdin.

Gagal ginjal yang parah menyebabkan penumpukan urea dalam darah. Makanan merupakan bahan utama yang kita butuhkan untuk menghasilkan energi guna melaksanakan semua aktivitas hidup. Pada pernapasan ini, pembebasan energi menggunakan oksigen bebas dari udara.

Sintesis protein dalam sel dapat terjadi, karena pada inti sel terdapat suatu zat substansi yang berperan penting sebagai pengatur sintesis protein sel.

Konsep mengenai enzim yang sebaiknya dikuasai adalah: Dalam jaringan ginjal muncul kista, lubang kecil, dan gelembung-gelembung berisi cairan.

Peta Konsep - maretbio01cs.weebly.com

Anabolisme memerlukan energi, misalnya: Kebocoran ini memungkinkan sejumlah besar protein berpindah dari darah menuju urin sehingga air dan natrium menumpuk dalam tubuh menghasilkan pembengkakan oedemkhususnya di sekitar lutut, kaki, abdomen, dan mata.

Ginjal Ginjal berbentuk seperti biji kacang merah. Kemampuan mengadakan kemosintesis ini, terdapat pada mikroorganisme dan bakteri autotrof. Misalnya bakteri belerang Begiota, Thiotrixbakteri nitrit Nitrosomonasbakteri nitrat Nitrosobacterdan bakteri besi Cladotrix.

Respirasi aerob terjadi pada sitoplasma dan di dalam mitokondria. Dari rongga ginjal, urin menuju ke kantung kemih melalui saluran ginjal ureter. Zat-zat yang masih berguna tadi dimasukkan kembali ke dalam pembuluh darah yang terdapat di sekitar tubulus. Namun demikian, reaksi ini tidak mutlak terjadi hanya pada kondisi gelap.

Dalam proses respirasi sel, pemecahan materi organik berlangsung secara bertahap. Reaksi gelap reaksi tidak tergantung cahaya Disebut juga siklus Calvin-Benson. Efektif dalam jumlah kecil. Peserta didik menjelaskan struktur, sifat, cara kerja dan peran enzim dalam metabolisme melalui studili terature dengan teliti, jujur terhadap data dan fakta.

Pembentukan dan pengeluaran cairan empedu. Hemoglobin dalam eritrosit dibongkar menjadi zat besi, globin, dan hemin. Glomerulonefritis memungkinkan sel-sel darah merah dan protein memasuki filtrat sehingga urin mengandung banyak eritrosit dan protein.

peta konsep biologi

Anabolisme Katabolisme adalah proses perombakan senyawa yang mengandung energi dan diproses melalu serangkaian raksi kimia untuk diubah menjadi energi.

Tahapan dalam respirasi aerob, meliputi glikolisis, dekarboksilasi oksidatif, daur Krebs, dan transfer elektron. Beberapa macam proses anabolisme yang terjadi pada mahluk hidup diantaranya: Hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi kerusakan pada badan malphigi.

Respirasi anerob dikenal dengan fermentasi. Glikolisis Glikolisis adalah serangkaian reaksi enzimatis yang memecah glukosa terdiri dari 6 atom C menjadi asam piruvat terdiri dari 3 atom C. Selanjutnya, urin keluar melalui saluran kencing uretra.

Saccharomyces cereviceae merupakan khamir yang berperan dalam pembuatan tape. Enzim disebut juga biokatalisator karena mempercepat reaksi kimia yang terjaadi di dalam tubuh mahkluk hidup.

Klorofil merupakan pigmen utama yang terdapat pada tumbuhan yang berfungsi menyerap cahaya radiasi elektromagnetik pada spektrum kasat mata. Kelenjar minyak menghasilkan minyak yang disebutsebum yang berguna untuk meminyaki rambut agar tidak kering.Untuk Lebih Memahaminya, Silahkan Simak Peta Konsep Rangkuman Biologi Bab Metabolisme.

Untuk Mengetes Pemahaman Mengenai Rangkuman Biologi Bab Metabolisme, akan di tes dengan menjawab pertanyaan berikut ini: 1. Apa yang dimaksud dengan metabolisme?

Jelaskan hubungannya dengan energi, reaksi biokimia, dan enzim. 2. Metabolisme terdiri atas anabolisme dan katabolisme. · Ainul Mardiyah Rahmah () Maysaroh Ritonga () Ayunda Pratiwi ()Author: Ainul Rahmah. Konsep yang perlu diperhatikan dalam mempelajari metabolisme sel adalah dengan mempelajari konsep-konsep berikut: bahwa dalam metabolisme membutuhkan enzim untuk menjalankan proses metabolisme di dalam sel.

metabolisme pada organisme mempelajari bab ini, mari ikuti uraiannya. Pengertian Metabolisme A Makhluk multiseluler, baik manusia, hewan, maupun tumbuhan tersusun atas jutaan sel. Tiap sel memiliki fungsi tertentu untuk kelangsungan hidup suatu organisme. Untuk menjalankan fungsinya, sel melakukan proses metabolisme.

Peta konsep Organ Manusia

Peta konsep adalah bertujuan untuk memudahkan pendidik ataw peserta didik untuk memudahkan memahami, materi pelajaran yang di pelajari nya, seperti peta konsep ini yang akan membahas tentang sistem organ tubuh manusia.

Bab 3 Materi Genetik 41 Bab 3 Materi Genetik Peta Konsep Fungsi gen dan alel Pengertian gen dan alel Materi genetik Gen dan alel RNA DNA DNA dan RNA Jumlah kromosom.

Peta konsep metabolisme
Rated 0/5 based on 17 review